3 Gejala Penyakit Liver yang Khas Selain Jaundice

Selain perubahan warna kulit maupun putih mata dan kuku yang menjadi kekuningan (jaundice), masih ada gejala penyakit liver khas lainnya yang juga harus Anda waspadai kehadirannya, lho.

Mungkin, beberapa gejala khas penyakit liver lainnya ini tidak Anda sadari sebagai pertanda adanya gangguan yang terjadi pada liver Anda. Pasalnya, kondisi ini hampir mirip dengan gangguan kesehatan lain.

Gejala Penyakit Liver

Lebih lanjut, kita ketahui dulu kenapa jaundice atau yang kita kenal sebagai sakit kuning menjadi pertanda paling umum dari penyakit liver.

Kenapa Perubahan Warna Kuning Menjadi Gejala Penyakit Liver Paling Khas ?

Perubahan warna kulit, putih mata (sklera), dan kuku menjadi kekuningan menjadi pertanda paling umum dari penyakit liver karena gangguan yang terjadi pada liver membuatnya tidak bisa mendistribusikan bilirubin atau garam empedu dengan baik seperti seharusnya.

Kondisi tersebut membuat bilirubin menumpuk di dalam darah dan jaringan-jaringan tubuh lainnya. Seharusnya, bilirubin yang telah bercampur dengan empedu ini masuk ke saluran pencernaan untuk kemudian dikeluarkan bersama urine atau tinja.

Sementara itu, fungsi liver tidak bisa digantikan oleh organ lainnya, sama seperti fungsi ginjal. Maka dari itu, jagalah selalu kesehatan liver Anda. Jika memang diketahui ada gangguan (penyakit liver), segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut agar penyakit liver Anda segera diobati.

Dengan penanganan yang tepat dan cepat dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah dari organ liver Anda. Dan, peluang untuk sembuh menjadi lebih besar di bandingkan penderita penyakit liver yang telat mendapatkan pengobatan.

3 Gejala Penyakit Liver yang Khas Selain Jaundice (Kuning Pada Kulit dan Sklera)

Selain jaundice atau perubahan warna pada kulit maupun sklera dan kuku menjadi kekuningan, setidaknya ada 3 gejala penyakit liver khas lainnya yang harus Anda ketahui.

Gejala Penyakit Liver

Beberapa gejala khas penyakit liver selain jaundice meliputi:

1. Nyeri pada persendian

Apabila persendian Anda sering terasa sakit atau nyeri yang disertai dengan gejala lainnya seperti, mual dan muntah, hilangnya selera makan, atau tubuh yang mudah merasa kelelahan, maka jangan diabaikan! Kondisi tersebut bisa jadi pertanda untuk penyakit liver.

Umumnya, gejala nyeri sendi ini terjadi pada penderita penyakit liver yang disebabkan oleh virus atau yang melibatkan autoimune.

2. Gatal-gatal pada kulit

Selain menyebabkan kulit berwarna kekuningan, deposit atau penumpukan garam empedu alias bilirubin pada kulit juga bisa menyebabkan Anda merasakan gatal-gatal. Gatal-gatal ini bisa terjadi pada semua bagian kulit.

3. Perut menjadi buncit (asites)

Gejala penyakit liver lainnya adalah pembengkakan pada bagian perut yang akan membuat perut Anda membuncit atau ukurannya lebih besar dari sebelumnya. Kondisi ini paling sering terjadi pada penderita penyakit liver yang disebabkan oleh alkoholisme.

Selain gejala khas di atas, Anda juga perlu mewaspadai kehadiran gejala penyakit liver pada anak dan orang dewasa lainnya, seperti:

  • Warna urine atau air kencing yang menjadi lebih gelap dari biasanya. Aromanya juga biasanya lebih menyengat
  • Berat badan yang terus mengalami penurunan akibat tidak mau makan
  • Lebih rentan mengalami memar
  • Sering mimisan
  • Aroma napas berbau tidak sedap. Pun dengan bau badan
  • Meningkatnya frekuensi berkemih atau buang air kecil menjadi lebih sering
  • Warna feses atau tinja yang lebih pucat, atau bahkan bisa mengandung darah
  • Kaki dan pergelangannya mengalami pembengkakan

Di samping mengetahui penyebab penyakit liver untuk melakukan pencegahan, Anda juga perlu mengetahui gejalanya agar penyakit liver yang Anda derita bisa segera mendapatkan penanganan. Sehingga, penyakit liver Anda bisa segera teratasi sampai tuntas.

Terima kasih telah menyimak artikel informasi di atas. Silakan bantu share jika artikel di atas dirasa bermanfaat dan bisa membantu orang lain terbebas dari penyakit liver yang lebih parah 🙂

Supported Post : Obat Liver Alami

3 Gejala Penyakit Liver yang Khas Selain Jaundice

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pantangan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Liver
  2. Jenis Jenis Penyakit Liver yang Sebaiknya Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*