Biaya Operasi Transplantasi Hati Mahal? Ini Perkiraan Biayanya

Dari tahun ke tahun, kasus gangguan hati semakin meningkat, bahkan sampai harus melakukan transplantasi. Nah, berapakah biaya operasi transplantasi hati di Indonesia?

Di sini, kami telah merangkum beberapa informasi mengenai prosedur transplantasi hati dan perkiraan biayanya yang harus dikeluarkan.

prosedur dan risiko transplantasi hati

Penyebab Seseorang Harus Melakukan Transplantasi Hati

Ada banyak kondisi yang membuat seseorang harus melakukan transplantasi atau pencangkokan hati. Beberapa diantaranya adalah karena:

  • Penyakit kanker hati
  • Kerusakan hati yang parah
  • Atresia bilier
  • Sirosis
  • Cidera atau kecelakaan
  • dll

Pencangkokan atau transplantasi hati ini dilakukan untuk mengganti bagian hati yang mengalami kerusakan atau kegagalan fungsi.

Kendati demikian, prosedur ini tidaklah sesimpel yang dibayangkan. Ada banyak tahapan rumit yang harus dilalui pasien penerima dan pemberi donor hati.

Tahapan Transplantasi Hati

Transplantasi hati termasuk operasi besar yang membutuhkan waktu lama, sekitar 6 sampai 12 jam, tergantung dari kondisi pasien dan kondisi lainnya.

Hati yang digunakan bisa berasal dari orang yang sudah meninggal atau dari orang yang masih hidup.

Hanya saja, jika hati tersebut diambil dari orang yang sudah meninggal, biasanya harus yang meninggal karena mengalami kematian fungsi otak dengan jantung yang masih berdetak.

Mencari pendonor hati juga tidak mudah. Jika hati didapatkan dari orang lain (diluar anggota keluarga), Anda tentunya harus memberikan tunjangan (biaya pemeriksaan dan perawatan setelah melakukan operasi transplantasi).

Biayanya ini cukup mahal, sekitar puluhan sampai ratusan juta, tergantung dengan kesepakatan keluarga pasien dengan pendonor.

Selain itu, Penderita maupun pendonor harus melalui serangkaian pemeriksaan yang juga membutuhkan biaya tidak sedikit, seperti:

  • Tes darah dan urine
  • Tes jantung
  • Ultrasound untuk memastikan kondisi hati
  • Pemeriksaan nutrisi
  • Tes kesehatan lainnya secara menyeluruh

Selain itu, dibutuhkan juga evaluasi psikologis untuk memastikan seseorang memahami risiko dari prosedur transplantasi hati.

Setelah semua syarat terpenuhi, operasi transplantasi hati bisa segera dilakukan.

Bukan tanpa resiko, prosedur medis ini juga bisa menimbulkan efek samping dan komplikasi.

Efek Samping & Komplikasi

  1. Penolakan

Pada beberapa kasus, reaksi penolakan diberikan oleh tubuh. Hal ini disebabkan oleh reaksi sistem imune yang mendeteksi adanya benda asing.

Berdasarkan data yang ada, hampir 64% pasien transplantasi hati akan mengalami penolakan ini, terutama pada enam minggu pertama.

Untuk mengatasi kondisi ini, dokter akan memberikan obat untuk menekan sistem imunintas tubuh pasien, agar menekan reaksi penolakan setelah transplantasi hati.

  1. Infeksi

Pemberian obat penekan imunitas tubuh pada pasien yang telah melakukan transplantasi hati bisa memperbesar risiko terjadinya infeksi.

Meskipun risiko terkena infeksi cukup besar, seiring waktu, risiko tersebut akan berkurang.

Kisaran Biaya Operasi Transplantasi Hati di Indonesia

Biaya Operasi Transplantasi Hati

Dari pernyataan dr Kamelia dari detik health, biaya transplantasi hati di Indonesia bisa mencapai Rp 1,6 miliar.

Biaya tersebut bisa berbeda disetiap rumah sakit, tergantung dari kebijakan rumah sakit tersebut.

Selain itu, biaya tersebut belum termasuk biaya lainnya, seperti perawatan pasca operasi transplantasi hati, biaya kamar rawat inap, obat-obatan, dan perintilan lainnya.

Sementara biaya transplantasi hati di luar negeri, misalnya Singapura dan Jepang bisa menghabiskan biaya di atas Rp 3 sampai 6 miliar.

Nah, itulah informasi kisaran biaya operasi transplantasi yang ternyata mahal sekali. Jadi, biar kamu nggak terkena gangguan hati yang membuat kamu harus melakukan transplantasi, jaga kesehatan hati kamu sekarang juga!

Salah satu caranya adalah dengan menghindari untuk melakukan kebiasaan yang bisa merusak hati dan fungsinya.

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya, ya 🙂

– Salam Sehat –

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*