Cara Penyakit Hepatitis B Menular yang Perlu Anda Tahu

Tahu bagaimana cara penyakit hepatitis B menular merupakan point penting lainnya yang juga harus Anda tahu. Dengan begitu, Anda bisa menekan risiko untuk terkena penyakit ini.

Orang yang terinfeksi virus hepatitis B (HBV) berpotensi menularkan virus tersebut kepada orang lain. Karena pengetahuan yang terbatas, proses penularan tersebut biasanya terjadi tanpa disadari.

Nah, maka dari itu, di sini saya akan membagikan bagaimana cara penularan hepatitis B dari berbagai sumber kesehatan yang terpercaya. Ikuti terus sampai akhir, ya.

Cara Penyakit Hepatitis B Menular

Penyakit hepatitis B merupakan gangguan hati yang berbahaya. Hal ini karena, apabila penyakit tersebut terlambat ditangani, berpotensi berkembang menjadi sirosis hati, bahkan kanker hati.

Cara Penyakit Hepatitis B Menular

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penyebab utama hepatitis B ini adalah infeksi virus hepatitis B atau HBV. Nah, HBV ini bisa menular dari pasien kepada orang lain.

Cara penyakit hepatitis B menular ini sama dengan penyakit HIV/AIDS. Yakni, melalui darah dan juga cairan tubuh. Maka dari itu, beberapa perilaku di bawah ini berpotensi untuk meningkatkan risiko Anda terular penyakit hepatitis B. Diantaranya:

  1. Melakukan transfusi darah
  2. Memakain tindik dengan alat yang tidak steril
  3. Mentato tubuh menggunakan peralatan yang tidak terjamin sterilitas nya
  4. Menggunakan obat-obatan terlarang dengan jarum yang digunakan bersama-sama
  5. Melakukan hubungan seksual berisiko, misalnya dengan banyak partner, pasangan yang positif hepatitis B, dan tanpa menggunakan pengaman atau kondom

Penggunaan barang-barang pribadi bersama dengan orang lain, seperti sikat gigi, gunting cukur, gunting kuku, handuk, dan alat pribadi lainnya yang berpotensi meninggalkan darah juga dapat menjadi media penularan virus hepatitis B.

Maka dari itu, ada baiknya Anda tidak berbagi peralatan pribadi dengan orang lain. Karena, mencegah lebih baik dari mengobati.

Cara Penularan Hepatitis B Lainnya

Anda yang bekerja di bidang kesehatan juga memiliki risiko yang sama besarnya untuk tertular penyakit hepatitis B ini.

Ada kalanya, saat bekerja Anda tidak sengaja tertusuk atau kontak langsung dengan jarum bekas pasien yang kemungkinan mengandung darah pasien tersebut.

Cara penularan hepatitis B lainnya adalah dari ibu ke bayi setelah proses persalinan. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk ibu hamil dengan hepatitis B melakukan pengecekan kesehatan dan konsultasi secara berkala dengan dokter kandungan.

Hal ini dapat meminimalisir penularan hepatitis B dari ibu pada bayi saat dilahirkan.

Penggunaan jarum akupuntur yang tidak steril juga berisiko menularkan penyakit hepatitis B.

Itulah beberapa cara penyakit hepatitis B menular yang perlu Anda tahu. Dengan begitu, Anda bisa lebih berhati-hati dalam melakukan setiap tindakan. Sehingga, Anda bisa terhindar dari penyakit Hepatitis B yang berbahaya ini.

Terima kasih banyak sudah mau menyimak informasi di atas sampai akhir. Saya harap, apa yang telah tersampaikan di atas bisa memberikan manfaat untuk Anda para pembacanya.

SALAM SEHAT

Cara Penyakit Hepatitis B Menular

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Dampak Hepatitis Saat Hamil Bagi Ibu dan Bayi yang Perlu Anda Tahu
  2. Efek Membuat Tato Pada Tubuh Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*