Efek Samping dan Bahaya Minum Alkohol Terlalu Banyak Untuk Kesehatan

Alkohol sudah seperti teman untuk menghilangkan stres dan kepenatan? Di pikir lagi, deh, coba. Banyak, lho, efek samping dan bahaya minum alkohol untuk kesehatan, apalagi kalau minumnya terlalu banyak.

Memangnya tidak sayang dengan kesehatan tubuh Anda, terutama organ-organ di dalam tubuh Anda yang memiliki fungsi sangat penting? Pasalnya, alkohol ini dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh, terutama organ liver atau hati sampai dengan otak.

Bahaya Minum Alkohol
Copyright : milcervezas.com

Nah, berikut ini kami akan informasikan kepada Anda apa saja dampak negatif dari mengonsumsi alkohol secara berlebihan, apalagi dalam waktu yang lama untuk kesehatan tubuh serta bagi organ dan fungsinya.

Semoga, dengan Anda tahu dampak buruk mengonsumsi alkohol ini, kesadaran dalam diri Anda bisa muncul untuk meninggalkan kebiasaan mengonsumsi minuman keras satu ini.

Efek Samping dan Bahaya Minum Alkohol Terlalu Banyak

Sedikit atau banyak, mengonsumsi minuman beralkohol —terlepas dari jenisnya, sama-sama tidak bagus dampaknya untuk tubuh Anda.

Langsung saja, di bawah adalah beberapa efek samping dan bahaya minum alkohol secara berlebihan untuk kesehatan tubuh dan organ tubuh yang meliputi:

1. Kerusakan Liver

Alkohol itu bagaikan racun. Ada banyak zat-zat berbahaya di dalamnya. Dan, liver merupakan salah satu organ yang menerima efek paling parah dari kebiasaan Anda mengonsumsi alkohol.

Liver ini akan menyaring alkohol dari dalam darah Anda untuk kemudian mengubahnya menjadi air dan karbon dioksida supaya nantinya tidak memberikan dampak negatif untuk bagain tubuh Anda yang lain.

Nah, saat proses itu terjadi, beberapa sel-sel liver yang terekspos zat alkohol akan mati.

Bukannya liver memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri? Jadi, tidak akan masalah, kan?

Memang benar sekali jika liver memiliki kemampun yang luar biasa cepat untuk meregenerasi atau memperbaiki sel-sel liver yang rusak. Namun, jika kondisi ini berlangsung lama, dalam waktu bertahun-tahun, liver akan kehilangan kemampuan itu.

Pada akhirnya, alkohol yang terus menerus Anda minum akan membuat liver mengalami kerusakan parah dan pada akhirnya membuat liver kehilangan fungsinya.

Maka dari itu, jangan heran apabila kebanyakan pecandu alkohol mengalami kerusakan liver atau hati, bahkan sampai dengan terbentuknya jaringan parut di liver.

Jadi, agar liver tetap sehat, JANGAN KONSUMSI ALKOHOL, OKE!

Sumber : alodokter.com

2. Gangguan dan Kerusakan Pada Otak

Bahaya minum alkohol lainnya bisa berdampak pada otak Anda. Mulai dari menurunkan kemampuan mengingat yang menyebabkan Anda mengalami demensia, sampai dengan gangguan lainnya, seperti depresi, skizofrenia, sampai dengan kerusakan otak permanen.

3. Mengganggu Sistem Saraf

Sistem saraf di dalam tubuh Anda juga akan terganggu bila kebanyakan konsumsi alkohol. Ada banyak masalah kesehatan yang kompleks apabila sistem saraf Anda mengalami kerusakan.

4. Kanker

Selain sebagai racun, sifat alkohol lainnya adalah karsinogen atau pemicu kanker. Mengonsumsi alkohol hanya akan meningkatkan risiko Anda untuk mengembangkan penyakit kanker, termasuk kanker payudara, kanker mulut, tenggorokan, hati, dan kanker esofagus.

Bahaya Minum Alkohol Untuk Kesehatan Lainnya

Bahaya Minum Alkohol
Copyright : cervecerosdemexico.com

Selain 4 kondisi di atas, masih ada kondisi lainnya yang bisa muncul sebagai dampak buruk konsumsi alkohol. Dan, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang lama juga bisa memicu beberapa kondisi berikut:

  • Tekanan darah tinggi
  • Obesitas
  • Penyakit stroke
  • Penyakit jantung
  • Gangguan pencernaan
  • Penyakit diabetes
  • Gangguan penglihatan
  • Osteoporosis
  • Melemahnya sistem imun atau kekebalan tubuh
  • dan gangguan-gangguan kesehatan lainnya.

Setelah tahu faktanya, apakah Anda masih mau terus menerus mengonsumsi alkohol di sepanjang hidup Anda? Kalau saya, TIDAK.

Dengan bahaya minum alkohol yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh serta organ dan fungsinya, Anda pencandu alkohol bisa mulai berhenti.

Anda bisa mengalihkannya pada aktivitas lain, misalnya dengan minum air putih atau makanan sehat lainnya, seperti jus buah, sayuran, atau makanan sehat lainnya.

Anda juga bisa melakukan olahraga secara rutin dan teratur, istirahat dengan cukup, dan memilih tempat nongkrong yang tidak menyediakan alkohol. Sebisa mungkin, Anda menekan keinginan Anda untuk mengonsumsi alkohol dan mencari pengalihan yang lebih sehat.

Terima kasih banyak Anda sudah menyempatkan waktunya untuk menyimak informasi di atas. Saya harap, dengan Anda tahu efek samping dan bahaya minum alkohol untuk kesehatan, Anda bisa mengurangi kebiasaan Anda tersebut supaya terhindar dari kondisi-kondisi di atas.

Supported Post : Obat Liver

Salam Sehat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*