Kebiasaan yang Dapat Merusak Liver dan Fungsinya

Ada baiknya Anda tahu beberapa kebiasaan yang dapat merusak liver dan fungsinya. Karena, sadar atau tidak, beberapa kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan ternyata bisa memberi efek negatif untuk organ liver (hati) dan fungsinya.

Dengan Anda mengetahuinya, Anda mungkin bisa sedikit-sedikit mulai mengurangi melakukan kebiasaan tersebut guna mencegah kerusakan liver dan fungsinya.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Liver dan Fungsinya
Copyright : Everyday Health

Pasalnya, fungsi dari liver sendiri begitu penting untuk tubuh. Bukan hanya untuk menyaring racun dan membersihkan darah dari senyawa berbahaya, tapi juga untuk menghancurkan sel darah merah yang sudah tua, mengubah amonia menjadi urean untuk kemudian dikeluarkan bersama urine, untuk menyimpan energi, dan masih banyak fungsi lainnya.

Jadi, sudah seharusnya kita menjaga organ liver agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Bisa bahaya kalai liver sampai mengalami gangguan atau sakit.

Tidak sedikit, lho, penyakit yang bisa menyerang organ liver. Jenis jenis penyakit liver itu ada banyak, salah dua yang paling terkenal adalah penyakit kuning dan hepatitis.

Maka dari itu, yuk! Ketahui kebiasaan apa saja yang bisa mempengaruhi kesehatan liver Anda dan membuat fungsinya menurun.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Liver dan Fungsinya

Apabila salah satu atau beberapa kebiasaan yang dapat merusak liver dan fungsinya di bawah ini sering Anda lakukan, cobalah untuk menguranginya sedikit-sedikit sampai akhirnya Anda bisa berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

Dan, beberapa kebiasaan yang berdampak buruk untuk kesehatan liver dan fungsinya meliputi:

1. Mengonsumsi alkohol

Bukan hanya untuk liver dan fungsinya, alkohol tidak bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk otak.

Saat Anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan dalam waktu yang lama, liver Anda akan bekerja keras untuk menyaring alkohol dari dalam darah. Jika kondisi ini terus berlangsung, fungsi liver bisa terganggu. Dan kemungkinan terburuk, liver kehilangan fungsinya secara permanen.

2. Mengonsumsi soda dan minuman berkarbonasi lainnya

Pun dengan minuman bersoda dan sejenisnya dapat merusak liver dan fungsinya. Jadi, bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengonsumsi soda maupun minuman berkarbonasi lainnya, ada baiknya mulai dikurangi, ya!

Lebih baiknya lagi tidak usah dikonsumsi sama sekali dan menggantinya dengan air putih saja. Karena, selain memiliki sifat karsinogen (pemicu kanker), soda juga termasuk minuman tinggi gula yang tidak bagus untuk kesehatan liver.

3. Membuat tato, piercing, dan penggunaan jarum lainnya

Melakukan piercing dan pembuatan tato juga merupakan kebiasaan yang dapat merusak liver dan fungsinya. Apalagi, jika jarum yang digunakan tidak steril alias bekas orang lain yang kemungkinan besar sudar terinfeksi virus maupun microorganisme lainnya yang menyebabkan kerusakan liver.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Liver dan Fungsinya
Mentato tubuh merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak fungsi liver / Copyright : VideoBlocks

Pun dengan penggunaan jarum medis yang tidak steril, serta jarum untuk mengonsumsi narkoba.

4. Sering konsumsi makanan kemasan dan makanan cepat saji

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan kemasan, seperti chips, jus buah kemasan, dan lainnya maupun makanan cepat saji, sebaiknya dikurangi, ya!

Jenis-jenis makanan tersebut tidak bagus untuk kesehatan liver. Jika terlalu banyak dapat memberatkan kinerja liver untuk menyaring racun dari makanan tersebut.

Pun, makanan tersebut termasuk makanan pantangan penyakit liver yang dapat memperburuk gejala yang sudah ada.

5. Begadang atau tidur larut malam dan bangun siang

Seperti kata sebuah lagu, jangan begadang kalau tiada artinya. Memang benar. Karena, kebiasaan begadang atau tidur larut malam, apalagi bangunnya siang dapat mempengaruhi fungsi hati, lho.

Tidur di malam hari adalah waktu terbaik untuk organ liver melakukan regenerasi setelah sehafungsinya. Usahakan untuk tidur sebelum jam 10 malam, dan minimal 7-8 jam setiap harinya.

Kebiasaan Buruk Lain yang Juga Dapat Merusak Liver dan Fungsinya

Masih ada, lho, kebiasaan yang dapat merusak liver dan fungsinya selain dari 5 kebiasaan di atas. Berikut adalah kebiasaan lainnya yang juga sebaiknya Anda hindari. Diantaranya:

  • Makan tengah malam kemudian langsung tidur
  • Mengonsumsi obat sembarangan, apalagi dalam jangka waktu yang lama
  • Kebanyakan konsumsi makanan maupun minuman dengan tinggi gula
  • Merokok
  • Menahan buang air. Kok, bisa? Bisa dong. Dr Daniel Paradis dari European Liver Diseases Association mengatakan, bahwa menahan buang air kecil maupun besar bisa membuat racun tersimpan dalam tubuh dan menyebabkan toksisitas hati atau liver.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng, apalagi menggorengnya menggunakan minyak bekas
  • Sering konsumsi makanan berpengawet
  • Konsumsi antidepresan dalam waktu yang lama
  • Melakukan seks bebas atau berhubungan seksual dengan banyak pasangan tanpa menggunakan pengaman (kondom)
  • Menggunakan barang-barang pribadi, seperti pisau cukur, catut kuku, dan barang pribadi lainnya dengan orang lain

Baca Juga : Obat Liver Alami (herbal asli dari teripang atau gamat emas untuk menjaga kesehatan liver dan memperbaiki fungsinya serta telah terbukti berkhasiat obati segala jenis penyakit liver sampai tuntas).

Terima kasih banyak kami ucapkan untuk Anda yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi mengenai “Kebiasaan yang Dapat Merusak Liver dan Fungsinya” di atas. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa bantu share dengan orang lain agar mereka juga tahu jika di rasa informasi ini bermanfaat 🙂

Salam sehat dan semoga lekas sembuh untuk Anda semua penderita penyakit liver. Tetap semangat, ya!

Kebiasaan yang Dapat Merusak Liver dan Fungsinya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*