Anjuran Makanan Untuk Penderita Hepatitis B Konsumsi

Manfaat positif menjaga asupan makanan untuk penderita hepatitis B cukup banyak, lho. Salah satunya membantu Anda mendapatkan hasil yang optimal dari pengobatan yang sedang Anda jalani.

Pasalnya, memang ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dulu dikonsumsi oleh penderita hepatitis B. Selain bisa memperburuk gejala hepatitis B yang sudah ada, beberapa jenis makanan tersebut juga dapat menghambat efektifitas kerja obat.

Makanan Untuk Penderita Hepatitis B

Beberapa makanan dan juga minuman yang sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari oleh penderita hepatitis B tersebut meliputi:

  1. Makanan cepat saji
  2. Alkohol dan minuman keras lainnya
  3. Minuman berkarbonasi, seperti soda dan minuman sejenisnya
  4. Daging olahan
  5. Makanan dengan kandungan lemak tinggi
  6. Mie instan dan juga beberapa makanan kemasan, kalengan, dan makanan lain yang mengandung bahan pengawet
  7. Makanan mentah, seperti sushi atau makanan yang tidak dimasak dengan matang sempurna
  8. Makanan yang dipanggang atau dibakar.

Sementara itu, ada juga beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita hepatitis B. Penasaran apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Hepatitis B Konsumsi

Anda penderita penyakit hepatitis B perlu tahu, bahwa ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya memang ada dalam menu harian Anda.

Nah, beberapa anjuran makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita hepatitis B tersebut diantaranya meliputi:

  • Sayuran

Tidak semua jenis sayuran boleh dikonsumsi oleh penderita gangguan hati, termasuk penyakit hepatitis B. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang baik dan dianjurkan ada dalam menu masakan Anda. Sayuran tersebut diantaranya:

  1. Pare
  2. Wortel
  3. Kubis
  4. Bayam
  5. Buncis
  6. Tomat
  7. Kale
  8. Brokoli

Selain dijadikan menu masakan, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran-sayuran di atas dalam bentuk jus tanpa gula.

  • Kacang-kacangan

Selain sayuran, kacang-kacangan, seperti kacang kenari, polong-polongan, kacang merah, serta kedelai dan olahannya juga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita hepatitis B. Kacang-kacangan ini diketahui sebagai salah satu sumber protein.

  • Buah-buahan

Makanan sehat yang satu ini juga termasuk ke dalam anjuran makanan untuk penderita hepatitis B, kok. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Jeruk
  2. Buah beries (stroberi, blueberi, dll)
  3. Alpukat
  4. Kiwi
  5. Anggur
  6. Pir
  7. Mangga
  8. dan beberapa buah lainnya

Anda juga bisa mengolah buah-buahan di atas menjadi smoothie, jus, ataupun dikonsumsi langsung. Namun, Anda harus menghindari jus buah kemasan yang umumnya memiliki kadar gula yang tinggi.

Kunyit dan bawang putih

Bumbu masak ini juga perlu ditambahkan ke dalam menu masakan Anda. Kedua bahan dapur ini memiliki khasiat sebagai antioksidan dan berperan sebagai anti-inflamasi.

Selain itu, Anda juga tetap harus mengasup lemak. Namun, dari sumber yang lebih baik, seperti minyak zaitun (olive), biji bunga matahari, dan canola.

Pun dengan asupan protein yang juga harus terpenuhi. Anda bisa mendapatkan asupan protein ini dari daging sapi dan daging ayam tanpa lemak, ikan, keju, dan telur.

Minuman dan makanan sehat yang boleh dikonsumsi penderita hepatitis B lainnya meliputi:

  • Susu rendah lemak
  • Kentang
  • Beras merah
  • Kayu manis
  • Teh hijau
  • Gandum
  • Lada cayenne

Anda juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih, minimalnya 8 gelas sehari atau setara 2 liter untuk membantu detoksifikasi hati.

Tetap olahraga, istirahat cukup, dan tidak merokok juga termasuk hal lain yang juga harus Anda perhatikan agar pengobatan hepatitis B yang Anda jalani mendapatkan hasil yang optimal. Sehingga, Anda bisa terhindar dari risiko komplikasi.

Demikianlah informasi di atas kami sampaikan. Semoga, daftar makanan untuk penderita hepatitis B di atas bisa membantu kesembuhan Anda, ya. Tetap semangat dan jangan menyerah, ya!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*