Mau Liver Tetap Sehat ? JANGAN BEGADANG !

Mau Liver Tetap Sehat ? JANGAN BEGADANG ! Kalau Anda tetap ngeyel sering begadang, kerusakan fungsi liver risikonya.

Benar kiranya sebuah lagu dangdut yang mengatakan jangan begadang kalau tiada artinya. Kenyataannya, begadang memiliki segudang dampak negatif untuk kesehatan tubuh dan beberapa organ, termasuk liver diantaranya.

Liver Tetap Sehat
Copyright : drmortons.co.uk

Jadi, kalau mau liver Anda tetap sehat dan fungsinya tetap terjaga, kurangi kebiasaan begadang Anda itu. Termasuk Anda yang sering lembur karena dikejar deadline dan sebagainya.

Pun dengan kebiasaan tidur larut malam kamudian bangunnya siang. Itu juga kalau terus dilakukan setiap hari bisa mempengaruhi kesehatan liver, lho.

Usahakan waktu tidur Anda itu terjadwal setiap harinya, dan minimal 7-8 jam perhari. Misalnya Anda tidur dari pukul 9 malam untuk kemudian bangun pada pukul 5 subuh.

Konon, tidur di bawah jam 10 malam dapat membantu proses detoksifikasi tubuh lebih baik dibandingkan jika Anda tidur di atas jam 10.

Mau Liver Tetap Sehat ? JANGAN BEGADANG ! Ini Alasannya

Banyak orang tidak menyadari dampak dari begadang untuk kesehatan tubuh mereka, terkhususnya untuk kesehatan liver atau hati dan fungsinya.

Tidur malam selain membantu proses regenerasi beberapa bagian tubuh, Ada waktu-waktu tertentu pada malam hari untuk melakukan detoksifikasi pada beberapa organ tubuh Anda.

Dan, proses itu dapat berlangsung dengan baik saat Anda tidur. Proses detoksifikasi akan terganggu saat Anda masih terbangun. Karena, saat Anda terbangun, organ-organ di dalam tubuh Anda, termasuk liver masih bekerja. Beda halnya saat Anda tidur. Organ tersebut juga ikut berisitirahat.

Berikut alasan kenapa Anda tidak boleh begadang kalau mau liver tetap sehat dan bisa berfungsi dengan baik:

Pada pukul 9 sampai 11 malam waktunya detok atau proses pembuangan racun pada bagian kelenjar getah bening, yang mana termasuk dalam bagian sistem kekebalan tubuh.

Sementara dari pukul 11 sampai dengan pukul 01 dini hari bagian liver atau hati yang mendapatkan giliran detoksifikasi atau de-toxin terjadi. Untuk mendukung proses tersebut, Anda harus dalam keadaan tidur pulas.

Nah, kalau Anda jam 11 malam baru mau tidur, bagaimana proses detok tersebut bisa berjalan dengan maksimal? Tentu akan terganggu. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidur lebih awal dan JANGAN BEGADANG.

Cara Menjaga Liver Tetap Sehat
copyright : shutterstock.com

Waktu detok lainnya adalah:

  • Pukul 01 sampai 03 dini hari bagian empedu
  • Pukul 03 sampai 05 subuh bagian paru paru. Maka dari itu, jangan heran kalau Anda sedang mengalami batuk, Anda akan batuk-batuk saat waktu-waktu ini.

Intinya, tidur terlalu malam atau sering begadang dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna atau zat-zat racun dari dalam tubuh.

Cara Menjaga Liver Tetap Sehat Itu Mudah

Menjaga liver tetap dalam keadaan sehat itu sebenarnya mudah. Selain menghindari untuk melakukan kebiasaan yang bisa merusak fungsi liver, seperti begadang ini salah satunya, Anda juga disarankan untuk merubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.

  1. Tidur dengan teratur dengan jadwal yang tetap. Usahakan untuk tidur di bawah jam 10 malam
  2. Konsumsilah makanan-makanan sehat, terutama memperbanyak sayur dan buah
  3. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan yang banyak mengandung pengawet
  4. Anda juga sebaiknya menghindari alkohol, minuman bersoda, serta minuman berkarbonsi lainnya
  5. Tetap berolahraga, baik jogging, jalan kaki, berenang, maupun olahraga lainnya yang lebih berat seperti olahraga angkat beban
  6. Jika Anda perokok, usahakan untuk berhenti merokok, termasuk vave, shisa dan rokok elektrik lainnya
  7. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen atau vitamin, guna mendapatkan dosis yang tepat
  8. Bijak dalam mengelola stres
  9. Tidak melakukan seks bebas dengan banyak pasangan apalagi dengan orang yang berisiko tinggi menularkan penyakit, termasuk tanpa menggunakan pengaman (kondom)
  10. Menghindari penggunaan jarum yang tidak steril, baik jarum medis, tato, atau jarum yang suka digunakan untuk mengonsumsi narkoba. Karena, jenis jenis penyakit liver itu banyak, dan salah satunya disebabkan virus yang dapat menular melalui penggunaan jarum.
  11. Tidak menggunakan barang pribadi, terutama pisau cukur, gunting kuku, dan sikat gigi bersama dengan orang lain
  12. Selalu menjaga kebersihan
  13. Rutin melakukan medical check-up.

Bagaimana? Cukup mudah, kan, cara menjaga liver tetap sehat dan supaya fungsinya juga tetap bekerja dengan baik.

Terima kasih banyak sudah menyimak artikel di atas. Semoga, informasi supaya liver tetap sehat ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semuanya.

Posted By : Obat Liver Alami

Ingat!! Mau Liver Tetap Sehat ? JANGAN BEGADANG !

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Efek Samping dan Bahaya Minum Alkohol Terlalu Banyak Untuk Kesehatan
  2. Inilah Fungsi Liver atau Hati Selain Untuk Membuang Racun

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*