Pengaruh Alkohol Terhadap Kesehatan Liver

Hati-hati! Jangan dibiasakan konsumsi alkohol, ya. Bisa BERBAHAYA, apalagi untuk liver Anda. Pengaruh alkohol terhadap kesehatan liver itu tidak bisa dibilang ringan, lho.

Kenapa bisa begitu?

Alkohol itu bisa dibilang sama dengan racun. Nah, liver atau hati ini bertugas untuk menyaring zat-zat yang bersifat racun dan bisa membahayakan tubuh.

Dalam prosesnya, sel-sel liver ini akan mati ketika terkespos oleh alkohol. Bayangkan, berapa banyak sel-sel pada liver yang mati ketika Anda mengonsumsi alkohol?

Pengaruh Alkohol Terhadap Kesehatan Liver

Bukankah liver atau hati memiliki kemampuan regenrasi yang cepat, ya?

Betul sekali. Liver atau hati ini memang memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa untuk memperbaiki sel-selnya yang rusak. Bahkan, organ yang satu ini dikatakan paling tangguh.

Namun yang harus Anda ingat adalah, sel-sel hati tidak akan bisa lagi diperbaiki ketika alkohol yang masuk ke dalam tubuh Anda melebihi batas toleransi dan berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Secara perlahan, sel-sel liver atau hati akan mengalami kerusakan secara permanen. Ketika sel-sel hati telah rusak, maka hati atau liver tidak bisa lagi berfungsi secara optimal sebagaimana mestinya.

Dan, ketika kondisi tersebut dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan serius, maka bisa berlanjut dengan kegagalan fungsi hati.

Pengaruh Alkohol Terhadap Kesehatan Liver

Selain memicu kerusakan pada sel-sel liver yang mempengaruhi fungsinya sehingga memicu gagal liver, pengaruh alkohol terhadap kesehatan liver tidak hanya sebatas itu saja, masih ada yang lainnya.

Alkohol yang masuk ke dalam tubuh Anda secara terus menerus dalam jumlah yang melebihi batas dapat memicu berbagai masalah kesehatan pada liver dan organ lainnya.

Khusus pada organ liver atau hati, kebisaan Anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan, apalagi dalam waktu lama bisa memicu beberapa kondisi berikut:

1. PERLEMAKAN HATI

Konsumsi alkohol dapat memicu terjadinya penumpukan lemak pada organ liver atau hati.

Awalnya memang tidak menimbulkan gejala yang spesifik, namun ketika telah memasuko tahap lanjut, kondisi ini bisa menyebabkan liver Anda mengalami peradangan.

2. HEPATITIS / RADANG HATI

Alkohol yang Anda konsumsi dalam jumlah banyak juga dapat memicu terjadinya penyakit hepatitis (hepatiti B maupun hepatitis lainnya) atau peradangan pada liver.

Jenis ini disebut dengan hepatitis alkoholik.

3. SIROSIS

Pengaruh alkohol terhadap kesehatan liver lainnya adalah menyebabkan sirosis, yakni sebuah kondisi dimana jaringan parut terbentuk pada jaringan liver atau hati akibat kerusakan yang terjadi dalam jangka panjang.

Seorang pria yang mengonsumsi alkohol lebih dari 60-80 ml per hari, dan 20-40 ml per hari untuk wanita dapat meningkatkan risiko terkena siroris hingga 25 kali lipat.

Bagaimana? Mengerikan bukan dampak yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan konsumsi alkohol?

Jadi, STOP! mengonsumsi minuman tersebut mulai dari sekarang. Kalau bukan Anda yang peduli dengan tubuh Anda, siapa lagi?

Ini semua demi kesehatan Anda juga. Sakit itu MAHAL.


SEKILAS INFO


Mau hati atau liver tetap sehat? Atau mau membersihkan liver dari alkohol?

TERIPANG EMAS solusinya…

Ternyata, selain dapat menjaga dan memperbaiki gangguan pada liver atau hati, ekstrak teripang emas juga mampu mengatasi alkoholisme dan mendetoksifikasi tubuh dari pengaruh negatif alkohol.

BERMINAT?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *