Penyebab Hepatitis B dan Faktor Risikonya

Ketika Anda tahu apa penyebab hepatitis B dan faktor risikonya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pencegahan. Karena, Anda sudah tahu secara pasti apa yang harus Anda hindari.

Nah, bagi Anda yang belum tahu, di sini kami telah merangkum penyebab dan juga faktor risiko hepatitis B. Simak terus sampai akhir.

Penyebab Hepatitis B

Penyakit hepatitis B ini termasuk penyakit berbahaya yang bisa berkembang menjadi sirosis bahkan kanker hati. Maka dari itu, jika bisa dicegah, akan lebih baik untuk dilakukan.

Penyebab Hepatitis B
Gambar ilustrasi dari emedicinehealth.com

Nah, dengan tahu apa yang menjadi penyebabnya, Anda bisa melakukan pencegahan dan mendapatkan hasil yang lebih optimal. Dengan demikian, risiko untuk terkena penyakit ini bisa ditekan.

Penyebab hepatitis B ini secara umum adalah infeksi HBV atau virus hepatitis B. Virus ini bisa menginfeksi siapa saja, apalagi yang memang memiliki risiko tinggi. Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui kontak langsung dengan darah maupun cairan tubuh penderita.

Selain itu, penyebaran virus hepatitis B ini juga tidak kalah menakutkannya dengan HIV. Banyak penderita hepatitis B yang tidak sadar jika dirinya sedang terinfeksi penyakit hepatitis B. Dan, sistem imun tubuhnya sedang melawan infeksi virus tersebut.

Sehingga, tidak heran jika pada banyak kasus, hepatitis B ini baru diketahui ketika kondisinya sudah memasuki tahap yang lebih parah. Salah satu alasannya karena pada masa awal infeksi terjadi, jarang sekali muncul gejala hepatitis B yang signifikan.

Faktor Risiko Hepatitis B

Selain infeksi HBV yang menjadi penyebab utama hepatitis B, Anda juga perlu tahu beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit hepatitis B.

Nah, beberapa faktor risiko hepatitis B ini diantaranya berupa:

  • Penggunaan barang pribadi bersama dengan orang lain, misalnya gunting kuku, gunting cukur, handuk, dan sikat gigi. Di mana, barang-barang tersebut berpotensi meninggalkan darah yang bisa menularkan HBV
  • Menato atau menindik tubuh menggunakan peralatan yang tidak steril
  • Memiliki luka terbuka dan terjadi kontak dengan darah yang terinfeksi
  • Bekerja dan berurusan dengan darah, misalnya pekerja kesehatan, termasuk petugas laboratorium
  • Melakukan kegiatan seks berisiko, misalnya dengan banyak pasangan dan tanpa menggunakan pengaman atau kondom
  • Melakukan seks dengan pengguna obat-obatan terlarang yang memakai dan berbagi jarum suntik juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena hepatitis B.

Nah, itu dia penyebab hepatitis B dan juga faktor risikonya yang perlu Anda tahu. Selain menghindari kegiatan di atas, Anda juga perlu melakukan hal-hal berikut untuk menekan risiko terkena hepatitis B. Diantaranya:

  1. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat
  2. Memperbanyak asupan makanan bergizi seimbang, terutama buah dan sayur
  3. Selalu mencuci bahan makanan dengan benar
  4. Mencuci tangan dengan sabun setelah dan sebelum melakukan aktivitas, terutama saat mau makan
  5. Jangan begadang
  6. Hindari mengonsumsi alkohol dan minuman keras lainnya
  7. Perhatikan asupan gula Anda
  8. Bijak mengelola stres
  9. Melakukan pemeriksaan atau medical chec-up secara berkala, termasuk tes hepatitis

Bagi Anda yang kebetulan telah terinfeksi hepatitis B, Anda harus segera mengobatinya untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Silakan kunjungi “Cara Mengobati Hepatitis B Secara Alami” untuk solusi mengatasi hepatitis B Anda dengan aman tanpa efek samping sampai tuntas.

Terima kasih Anda sudah menyimak informasi di atas sampai akhir. Semoga, dengan tahu penyebab hepatitis B di atas, Anda bisa terhindar dari penyakit ini.

Salam Sehat

Penyebab Hepatitis B dan Faktor Risikonya

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Penyakit Hepatitis B Menular yang Perlu Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*