Penyebab Kulit Bayi Kuning dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Kulit bayi yang baru Anda lahirkan tetiba berubah menjadi kuning? Ini dia beberapa kondisi yang menjadi penyebab kulit bayi kuning dan juga cara mengatasinya secara aman.

Penyebab Kulit Bayi Kuning

Perubahan warna kulit menjadi kekuningan umumnya terjadi pada penderita gangguan liver. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada anak bayi.

Berubahnya warna kulit bayi yang baru lahir menjadi kekuningan bukan kondisi biasa yang bisa diatasi dengan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi, Bunda.

Kondisi ini bisa sangat membahayakan untuk si bayi apabila tidak segera di tangani. Pasalnya, kulit kuning pada bayi bisa menjadi pertanda tingginya kadar bilirubin dalam darah si bayi yang dapat menyebabkan kerusakan otak.

Penyebab Kulit Bayi Kuning

Sakit kuning yang dikenal sebagai jaundice dalam bahasa medis ini bisa terjadi pada siapapun, termasuk pada bayi. Penanganan yang diberikan pada bayi biasanya akan berbeda dengan penderita dewasa.

Jika pada orang dewasa disebabkan oleh gangguan liver. Maka, pada bayi ada beberapa kondisi lain yang bisa menjadi penyebabnya.

Tingginya kadar bilirubin pada darah merupakan penyebab kulit bayi kuning yang paling umum. Bilirubin sendiri adalah zat kuning yang dihasilkan saat sel darah merah dipecah.

Hati atau liver pada bayi yang baru lahir belum bisa bekerja seperti liver pada orang dewasa. Hal ini juga yang mempengaruhi tingginya kadar bilirubin pada darah bayi Anda.

Seharusnya, liver atau hati ini mengolah bilirubin agar bisa dikeluarkan tubuh melalui tinja. Ketidakmampuan liver mengolah bilirubin secara maksimal inilah yang menyebabkan bayi menguning.

Penyebab Bayi Kuning Lainnya

Selain karena liver atau hati yang belum bisa berfungsi dengan maksimal, masih ada kondisi atau faktor lain yang juga menjadi penyebab kulit bayi kuning.

Beberapa kondisi yang juga dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kuning meliputi:

  1. Bayi mengalami hipoksia atau tingkat oksigen yang rendah
  2. Mengalami infeksi, seperti sifilis, rubella, dan infeksi lainnya
  3. Kekurangan enzim tertentu
  4. Efek dari obat-obatan tertentu
  5. Mengalami kelainan genetik
  6. Sel darah merah bayi yang tidak normal sehingga mudah rusak
  7. Memiliki masalah pada organ liver atau saluran empedu, seperti cystic fibrosis, atresia bilier, atau hepatitis
  8. Rhesus dan golongan darah antara ibu dan bayi tidak sama atau tidak cocok
  9. Pendarahan internal
  10. Adanya masalah pada sistem pencernaan bayi
  11. Bayi lahir prematur sebelum usia kandungan 37 minggu.

Cara Mengatasi Bayi Kuning

Sebagian besar bayi memang akan mengalami kuning setelah dilahirkan. Biasanya, kondisi ini akan membaik dalam waktu satu sampai dua minggu tanpa menimbulkan masalah kesehatan lain.

Kendati demikian, kuning pada bayi tidak bisa dianggap sepele. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan benar, kuning atau jaundice yang terjadi pada bayi dapat menyebabkan kerusakan pada otak sampai dengan gangguan seperti cerebral palsy dan ketulian.

Cara Mengatasi Bayi Kuning

Penanganan sangat penting untuk diberikan apalagi jika bayi Anda juga mengalami kondisi berikut:

  • Kurang atau bahkan tidak mau minum susu / ASI
  • Kurang aktif
  • Terlihat lemas
  • Jarang atau tidak menangis
  • Demam

Cara mengatasi bayi kuning ini selain diberikan ASI atau susu formula sesering mungkin untuk membantu membuang bilirubin melalui tinja, juga bisa dibantu dengan metode fototerapi. Yakni, metode pengobatan paling umum untuk mengatasi bayi kuning.

Dalam prosesnya, bayi akan diletakkan di dalam tempat tidur khusus untuk disinari dengan cahaya spektrum biru. Bayi Anda hanya akan mengenakan popok dan kacamata pelindung khusus.

Sedangkan pada kasus yang sangat parah, transfusi darah mungkin diperlukan untuk segera dilakukan, apalagi jika bayi tidak merespons teknik pengobatan lainnya.

Selain dengan bantuan medis, Anda juga bisa menggunakan bahan herbal sebagai alternatif cara mengatasi bayi kuning tanpa efek samping. Salah satunya dengan jelly gamat yang dibuat dari bahan alami dengan memadukan teknologi terkini.

QnC Jelly Gamat ( QNA )

cara mengatasi bayi kuningHarga : Rp 155.000,- perbotol (belum termasuk ongkir)
MAKIN BANYAK PESANNYA, MAKIN HEMAT HARGANYA
Kode Produk : QNA
Cara Konsumsi : Untuk bayi, 3 kali sehari sebanyak 1 sendok teh (bisa dilarutkan dengan air putih hangat)

Dibuat dari bahan-bahan alami dengan teripang emas sebagai bahan utamanya. Memiliki kandungan lengkap yang khasiatnya sudah terbukti secara nyata. Diantaranya:

  • Kolagen
  • Mineral
  • Protein
  • Mukopoliskarida
  • Vitamin
  • Glucosaminoglycans (GAGs)
  • Omega 3, 6, dan omega 9
  • Gamapeptide

Kandungan dalam QnC ini tidak hanya dapat mempebaiki gangguan pada liver saja, tapi juga dapat mempebaiki sistem pencernaan, mengatasi infeksi, peradangan, dan inflamasi, memusnahkan mikroorganisme penyebab penyakit, dan memperbaiki kerusakan pada organ, sel, saraf, dan jaringan tubuh.

Sangat cocok untuk mengatasi kadar bilirubin tinggi pada bayi baru lahir yang menyebabkan kulit bayi menjadi kuning. Lebih aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping.

Bagi Anda yang berminat mendapatkan khasiat dan manfaat dari QnC jelly gamat, silakan KLIK gambar di bawah ini:

Itulah informasi mengenai penyebab kulit bayi kuning dan cara mengatasinya secara alami. Terima kasih banyak sudah menyimak sampai akhir. Semoga, apa yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat dan menjadi perantara untuk kesembuhan bayi Anda (Aamiin)

SEMOGA LEKAS SEMBUH

Penyebab Kulit Bayi Kuning dan Cara Mengatasinya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*