Penyebab Sirosis dan Faktor Risikonya

Mau tahu caranya terhindar dari penyakit sirosis hati? Kalau begitu, yuk, ketahui penyebab sirosis dan faktor risikonya. Hal tersebut akan membantu memudahkan Anda dalam melakukan pencegahan.

Nah, obatliveralami.my.id telah merangkum beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sirosis hati. Apa sajakah? Berikut ulasannya.

Penyebab Sirosis

Ada banyak sekali kondisi yang dapat menyebabkan liver atau hati seseorang mengalami sirosis atau kondisi di mana jaringan sehat pada liver digantikan oleh jaringan parut.

Penyebab Sirosis

Sirosis tidak muncul begitu saja, melainkan melalui proses yang tidak sebentar. Karena, sirosis biasanya baru muncul ketika liver atau hati mengalami kerusakan dalam jangka waktu yang lama.

Maka dari itu, penderita penyakit liver kronis maupun penderita hepatitis memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami sirosis hati.

Berikut adalah kondisi lain yang juga menjadi bagian dari penyebab sirosis hati. Diantaranya:

1. Alkohol

Toleransi tubuh seseorang terhadap alkohol berbeda-beda. Jenis kelamin juga ikut mempengaruhinya.

Nah, mengonsumsi alkohol secara berlebihan secara continue dapat merusak jaringan hati Anda. Maka dari itu, mengonsumsi alkohol menjadi penyebab paling umum sirosis hati.

2. Infeksi Virus

Kondisi lainnya yang juga dapat menyebabkan sirosis hati adalah infeksi virus, umumnya virus hepatitis. Pada kondisi yang lama, hepatitis ini dapat menyebabkan sirosis.

3. Perlemakan Hati Non Alkohol

Penyebab sirosis lainnya adalah penyakit yang berasal dari hati itu sendiri, salah satunya fatty liver atau perlemakan hati, termasuk yang tidak disebabkan oleh alkohol.

4. Atresia Bilier

Sirosis hati juga dapat disebabkan oleh atresia bilier, yaitu kondisi di mana seorang bayi lahir tanpa adanya saluran empedu.

Penyebab dan Faktor Risiko Sirosis Hati Lainnya

Selain empat kondisi di atas, beberapa faktor lain juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita sirosis hati.

Penyebab dan faktor risiko sirosis hati lainnya meliputi:

  • Efek konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama seperti metotreksat
  • Paparan terhadap zat racun dalam waktu lama
  • Kelainan genetik, salah satunya hemokromatosis
  • Sindrom kerusakan pada ginjal (Hepatorenal syndrome)
  • Kanker hati
  • Sindrom Budd-Chiari
  • Fibrosis kistik
  • Penyakit wilson
  • Hepatitis autoimun atau penyakit hati yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh
  • Penghancuran saluran empedu (primary biliary cirrhosis)

Jika Anda memang memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol, ada baiknya Anda hentikan sekarang juga kebiasaan tersebut. Kemudian, Anda melakukan medical check-up untuk mengetahui fungsi hati atau liver Anda.

Pemeriksaan yang dilakukan juga dapat membantu Anda mendeteksi sirosis hati sedini mungkin. Sehingga, pengobatan sirosis bisa segera Anda dapatkan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Demikianlah informasi di atas mengenai penyebab sirosis hati dan faktor risikonya kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari penyakit ini.

SALAM SEHAT

Penyebab Sirosis dan Faktor Risikonya

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mengobati Hepatitis B Sampai Tuntas Tanpa Efek Samping

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*