Tanaman Herbal Untuk Penyakit Liver

Selain dengan cara medis, Anda bisa memanfaatkan tanaman herbal untuk penyakit liver yang Anda derita. Penggunaannya juga lebih aman dan minim efek samping.

Namun, sudahkah Anda tahu apa saja tanaman obat yang memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit liver?

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Liver

Tidak perlu khawatir! Karena, kali ini kami akan memberikan informasi seputar tanaman obat yang bisa Anda jadikan alternatif untuk mengatasi gangguan liver yang Anda alami.

Pasti sudah penasaran, kan? Langsung saja kalau begitu.

Inilah Tanaman Herbal Untuk Penyakit Liver

Tidak semua tanaman obat bisa digunakan untuk mengatasi penyakit liver, hanya beberapanya saja.

Tanaman herbal untuk penyakit liver ini tidak sulit ditemukan, kok. Bahkan, beberapa diantaranya bisa Anda temukan di dapur karena sering dijadikan sebagai bumbu masak.

1. Kunyit

Bumbu nasi kuning ini selain bagus untuk penderita gangguan lambung, juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita sakit liver.

Kurkumin yang terkandung di dalamnya memiliki khasiat untuk melindungi liver Anda dari kondisi yang lebih serius serta membantu memperlambat perkembangan penyakit liver.

2. Temulawak

Masih sama seperti kunyit, rimpang temulawak juga memiliki kurkumin yang dapat membantu melindungi liver Anda dan meringankan gejala penyakit liver yang muncul.

Kendati demikian, temulawak tidak sepenuhnya dapat mengatasi penyakit liver yang disebabkan oleh infeksi virus.

3. Pegagan

Ukuran daun yang mungil tidak sebanding dengan khasiatnya yang luar biasa dalam mengatasi beberapa jenis penyakit, termasuk penyakit liver.

Pegagan menjadi salah satu tanaman herbal untuk penyakit liver karena memiliki efek hepatoprotektor yang bagus untuk penderita sakit liver.

Kandungan pada pegagan dapat membantu menguatkan sel hati dan menangkal radikal bebas yang bisa membuat kerusakan padliver Anda semakin parah.

4. Sambiloto

Ketika Anda sakit liver, Anda juga bisa memanfaatkan ramuan yang dibuat dari daun sambiloto untuk mengatasinya secara alami.

Andrographolide yang terdapat di dalam sambiloto ini diketahui efektif untuk melindungi atau menjaga liver dari kerusakan yang lebih parah.

Sambiloto juga dikenal dengan kemampuannya untuk mengatasi infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan merangsang fagositosis yaitu salah satu kemampuan sel dalam bekerja membunuh benda asing, contohnya bakteri dan virus dalam tubuh.

5. Dandelion atau daun tempuyung

Daun, batang, sampai dengan akar dandelion atau kami biasa menyebutnya tempuyung ini bisa diambil khasiatnya untuk penyakit liver yang Anda derita.

Tanaman obat yang tumbuh liar ini diketahui tidak hanya dapat membantui proses regenerasi sel-sel liver saja, tapi juga dapat menghilangkan racun dan mengurangi lemak yang menumpuk di liver.

6. Brotowali

Rasanya yang pahit membuat orang-orang enggan mengonsumsi ramuan dari brotowali ini. Padahal, jika Anda tahu, kandungan yang dimiliki brotowali seperti senyawa terpan, flavanoid, alkaloid, dan steroid berfungsi sebagai pelindung hati atau liver.

SOLUSI ALTERNATIF LAINNYA:

Nah, itu tadi beberapa tanaman herbal untuk penyakit liver kronis maupun akut yang Anda atau anggota keluarga Anda lainnya derita selain penggunaan obat medis.

Terima kasih sudah mengikuti informasi di atas sampai selesai. Semoga, apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*